Senin, 24 Oktober 2016

Kunjungan IMADIKLUS UM ke LPKP Malang



Badan pengurus harian Ikatan Pendidikan luar sekolah atau kerap disebut dengan BPH IMADIKLUS Universitas Negeri Malang mempunyai program kerja dari divisi kaderisasi yang kemarin jum’at sabtu dan minggu telah terlaksanakan, 3 hari berturut-turut akhirnya telah usai. Pada hari jum’at  sabtu dan minggu pada tanggal 21-23 oktober 2016 di sebuah lembaga yang bernama “Perkumpulan lembaga pengkajian kemasyarakatan dan pembangunan” (LPKP) Jawa Timur yang kantornya tersebut terletak di perum karanglo indah blok 1-4 Malang.
Ketua pelaksana agenda ini bernama Melati Putri Hazlizah yang biasa di panggil “Puk” dari jurusan Pendidikan luar sekolah dan angkatan tahun 2015 dari divisi kaderisasi. Mbak Puk ini membagi anggotanya kedalam sebuah kelompok, kelompoknya terdiri dari 4-5 orang selama 2hari supaya kunjungan ke desanya berjalan efisien dan 2hari ini diisi dengan teori dari bapak/ibu pihak perhotelan sedangkan pada hari minggu diisi dengan praktek yang telah diberi teori dihari sebelumnya di SMK Tumapel malang.

Hari jum’at dan sabtu dimulai setelah sholat maghrib. Pada hari jum’at malam sabtu teragendakan ke desa singosari dan karangploso. Kebetulan saya mendapat bagian tugas pada hari sabtu malam minggu yang agendanya di desa balai arjosari, pandan wangi RW 07 dan pandan wangi RW 08. Sebelum kedesanya BPH Imadiklus UM mampir ke kantor LPKP terlebih dahulu. Di sana sambil menunggu waktu, BPH Imadiklus UM bergegas untuk sholat maghrib meskipun ada tugas tapi mereka tak lupa dengan kewajibannya pada sang Pencipta. Setelah selesai sholat maghrib mereka telah terbagi menjadi 3 kelompok dan BPH Imadiklus UM diantar oleh pihak LPKP ke lokasi desanya.
Kelompok pertama di desa arjosari materinya “penyetrikaan” jumlah ibu-ibu yang hadir sebanyak 4 orang, kelompok kedua di desa pandan wangi RW 07 materinya “steak “ ibu-ibu yang datang sebanyak 10 orang dan kelompok 3 atau kelompok terakhir di desa pandan wangi RW 08 mendapat materi “minuman kopi” ibu-ibu yang hadir sebanyak 8 orang.
Pelatihan ini ibu-ibu terlihat antusias untuk mendengarkan pemateri meski diselang waktu anaknya datang dan mengganggunya (makhlum rasa ingin tahu anak itu tinggi) tapi hal tersebut tidak membuat ibu-ibu itu merasa terganggu. Ternyata sebelum acara dimulai ibu-ibu ini masak makanan dan membuat minuman untuk cemilannya diwaktu pemateri datang, pemateri juga ramah terhadap warga belajarnya, meski di selang waktu ibu-ibu kerap bercanda dan sedikit rame tapi pemateri terlihat telaten mengajarinya tanpa ada amarah.
Pada hari minggu BPH Imadiklus UM diharap semuanya ikut ke SMK Tumapel Malang jam 0800 WIB untuk menjalankan kegiatan terakhir di hari terakhir yang berisi praktek ada yang buat steak, decoration cake, buat kopi, laundry dan bersih-bersih kamar hotel (Ning Ed-hotel STIE Indonesia Malang). Ibu-ibu ternyata ikut pelatihan ini karena untuk bekal mereka bekerja dan agar tidak dimarahi oleh majikan nantinya. Dari lpkp maupun dari hotel ini menyediakan fasilitas untuk para ibu-ibu yang praktek. Dan mereka juga tidak ditarik biaya.
Ibu-ibu tampak senang dengan pengalaman barunya tampak terlihat diwajahnya. Ibu-ibu karangploso sudah mengikuti praktek sebanyak 3X sedangkan pandanwangi sudah 5X praktek. Meskipun sedikit pertemuan tapi ilmu yang didapatnya banyak. Jika mereka tidak tega meninggalkan anaknya, anaknya boleh dibawa waktu pertemuan teori maupun prakteknya, supaya anaknya diam, para ibu-ibu ini membawa bekal makanan dan jajanan untuk anaknya jadi anaknya tidak akan jenuh maupun rengek untuk cepat pulang. Anaknya juga senang ikut ibunya praktek daripada dirumah sendiri.
Kegiatan telah usai dan ditutup dengan foto bareng dan makan bareng. Terimakasih untuk teman-teman BPH Imadiklus UM, telah membantu terlaksanakannya program kerja dari divisi kaderisasi.

IMADIKLUS INDONESIA KAMI ADA UNTUK INDONESIA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar